Kamis, 26 Mei 2011

15 Tanaman Keberuntungan, Tanaman Sial dan Tanaman Yang Memiliki Daya Lebih

15 Tanaman Keberuntungan, Tanaman Sial dan Tanaman Yang Memiliki Daya Lebih@INIUNIK Sebuah rumah tanpa tanaman terkesan gersang sekali. Ibarat gadis cantik bermuka kecut sehingga tidak lagi menawan dan cepat menjadi layu. Rumah dengan permukaan tanah yang seluruhnya ditutup dengan semen/paving, ubin/keramik akan mematikan energi qi/chi yang mengalir dalam tanah. Dengan demikian, penghuni dianggap kurang bisa memiliki keberuntungan bumi.

Dalam penjabaran Feng Shui ada konsep yang menawarkan fungsi dan kegunaan dari masing-masing tanaman. Ini kemudian dijadikan bentuk penilaian, sehingga menghasilkan nilai baik dan buruk dari jenis tanaman tertentu. Jenis tanaman yang bernilai “baik” sering diartikan dapat mengundang hawa rejeki untuk singgah di dalam rumah. Menurut para praktisi spiritual, tanaman memiliki manfaat terhadap tempat yang didiaminya. Tanaman mengandung energi yang bisa membawa keberuntungan atau bahkan membawa sial.

1. Bunga Teratai

Pernah membayangkan memiliki kolam di depan rumah dengan bunga teratai di atasnya ? Pasti indah sekali. Tanaman yang satu ini memang melambangkan keindahan. Teratai tergolong jenis tanaman air dari suku Nymphaeaceae atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama waterlily. Ada berbagai macam warna bunga teratai seperti merah, putih, hingga kuning. Dibalik keindahannya, bunga teratai diyakini mampu mendatangkan kesejahteraan, kebahagiaan, dan suasana harmonis dalam rumah tangga.



2. Mawar

Selain dikenal dengan bentuk bunganya yang cantik, bunga ini juga selalu dijadikan simbol cinta dan romantisme karena bentuk bunganya yang sangat indah. Ternyata Mawar tak melulu hanya identik dengan cinta. Bagi sebagian masyarakat, tanaman satu ini diyakini bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah bila ditanam di halaman rumah. Rezeki ini tidak hanya berhubungan dengan materi, tapi juga rezeki kebahagiaan dan keberuntungan.

3. Kuping Gajah

Banyak orang mengira tanaman ini memiliki ukuran sebesar namanya. Nama kuping gajah hanya dikenal di Indonesia. Di negara lain tanaman ini dikenal dengan nama latin yaitu Anthurium crystallinum. Karena bentuknya yang menyerupai kuping gajah, besar dan berbentuk hati, maka masyarakat pun menamainya demikian. Sebagian orang meyakini dengan menanam tanaman ini di halaman rumahnya akan mendatangkan rezeki dan materi berlimpah.

4. Bunga Matahari

Bunga ini sering ditanam di halaman rumah karena keindahannya. Orang banyak meminati bunganya yang berwarna kuning dengan kelopak di sekelilingnya. Bagi sebagian orang bunga matahari juga bisa mendatangkan keberuntungan. Konon, jika tumbuhan ini ditanam di halaman rumah, keluarga akan menjadi tenteram, bahagia dan harmonis.

5. Palem Ekor Tupai

Tanaman ini sering dijadikan tanaman ‘pagar’ tinggi untuk halaman rumah. Bentuknya yang menjulang tinggi mampu meneduhkan rumah bila ditanam berderet. Dari berbagai jenis tanaman palem, jenis palem ekor tupai paling sulit ditemukan, sehingga harganya cukup mahal. Palem yang tergolong spesies Wodyetia bifurcata ini oleh sebagian orang diyakini mampu mendatangkan berkah dan kebijakan.

6. Keladi Besar

Perumpamaan ’tua-tua keladi, makin tua makin jadi’ memang sesuai dengan tanaman yang satu ini. Diyakini, semakin besar keladi yang ditanam di halaman rumah, semakin besar pula rejekinya. Konon, orang yang menanam keladi di halaman rumahnya akan dijauhkan dari pencurian. Malang jadi malas masuk halaman rumah karena tanaman keladi seolah menutup pandangannya. Keladi termasuk jenis tanaman Caladium atau suku talas-talasan yang berasal dari Brasil.

7. Pandan

Selama ini pandan lebih dikenal sebagai tanaman dapur. Kalaupun ditanam di halaman rumah tujuannya tetap untuk masak memasak. Namun ternyata bagi sebagian peternak di Indonesia, pandan digunakan untuk melindungi ayam dari musang. Binatang ini akan lari kalau melihat pandan. Bentuknya yang panjang dan berwarna hijau, ternyata mampu mengelabui musang dan dikira ekor induk ayam.

Tanaman ini merupakan keluarga tumbuhan monokotil dari jenis pandanus. Awalnya tumbuh di pantai tropika Afrika Timur, Asia Tenggara, Australia, dan Kepulauan Pasifik. Tanaman ini bisa mencapai tinggi dari 50 cm, 5 meter hingga 10 meter seperti yang terdapat di pedalaman Papua.

8. Sedap Malam

Tanaman ini berasal dari Meksiko dengan nama latin Polianthes tuberose. Dikenal sebagai tanaman abadi oleh suku Agavace di Afrika. Tanaman ini memang unik karena memiliki wangi yang kompleks, mulai dari wangi manis sampai eksotis. Beberapa negara memakai tanaman ini untuk bahan dasar pembuatan minyak wangi. Selain harum, konon sedap malam mampu memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Ketenangan ini sebagai efek dari wewangian yang dihasilkan.

9. Tanaman Naga

Buah dari tanaman naga atau sering disebut dragon fruit memiliki banyak khasiat, seperti mengobati kanker, jantung dan memperlancar pencernaan. Tal heran bila banyak orang mengonsumsi buah naga untuk dijadikan makanan dan minuman. Tanaman naga tergolong keluarga kaktus. Batangnya memang kurang enak dipandang, tapi tanaman ini dipercaya mampu mendatangkan keceriaan bagi yang menanamnya. Lihat saja di negara Vietnam dan Thailand. Di sana buah ini sering ditaruh di atas meja sebagai simbol kesenangan bagi orang yang memandangnya.

10. Pachira

Memiliki nama ilmiah Pachira aquatica. Biasa disebut money tree atau pohon uang. Bentuknya mungil, tinggi antara 25-30 cm. Tanaman ini dipercaya bisa membawa pengaruh yang baik untuk kesehatan, keberuntungan dan panjang umur. Memiliki daun 5 jari dengan ujung yang lancip menyerupai tangan manusia. Pohon yang terkepang, menyiratkan mampu menampung rezeki yang masuk. Penempatannya yang tepat di ruang tamu.

11. Bambu rezeki (Dracaena)

Tanaman ini dipercaya berpotensi membawa hal baik. Bisa ditempatkan di ruang keluarga. Jika memungkinkan, sangat tepat ditempatkan di dekat jendela.

12. Sri Rejeki (Agalonema)

Dari namanya sudah mengandung keberuntungan atau pembawa rejeki, seperti halnya ikan lou han. Semakin jelas warna yang muncul di daun, akan semakin mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya. Warna kuning atau emas, dipercaya membawa rezeki. Letakkan di teras depan.

13. Anthurium

Daun Anthurium yang berkilau, menjadikan tanaman hias ini simbol kejayaan. Tak hanya cantik diletakkan di teras, bagus juga diletakkan di atas meja.

14. Krisan (Chrysanthemum)

Dipercaya memiliki kekuatan magis, yaitu membuat orang muda selamanya. Bisa ditanam di halaman atau pot.

15. Jeruk Emas (jin ju)

Buah sangat banyak dan berwarna kuning. Biasanya dibagikan saat imlek. Sebagian orang percaya, bagi orang yang menerima akan mendapat kesuksesan dan kekayaan.

Silahkan menghiasi rumah Anda dengan tanaman di atas! Tentunya ikhtiar optimal dan doa juga sudah dilakukan. Jika sudah demikian, mudah-mudahan keberuntungan dan keberkahan senantiasa menyertai kita. Ya apa artinya untung jika tidak disertai keberkahan bukan !!!

Tanaman Yang Membawa Sial

  • Anggur : mendatangkan kebangkrutan.
  • Aren : menjadi tempat berkumpul makhluk halus.
  • Belimbing wuluh : jadi sering diganggu makhluk halus.
  • Bougenvil : bapak atau anak laki-laki jadi gak betah di rumah.
  • Cabai : membawa perselisihan dan saling curiga.
  • Jagung : jadi sering sakit-sakitan dan sering berselisih dengan tetangga.
  • Nangka : jadi sering sakit-sakitan.
  • Pepaya : membawa sial.
  • Pinang : anak-anak jadi susah diatur, brengsek baik pendidikan maupun moralnya.
  • Pisang hias : membawa sial.
  • Sirsak : jadi tempat makhluk halus yang suka mengganggu ketentraman.

Tanaman Yang Memiliki “Daya Linuwih”

  • Bangle : menangkal gangguan makhluk halus.
  • Hanjuang : menolak bahaya, pengusir tikus, serangga dan penyakit dari tanaman padi.
  • Keladi hitam : menangkal hal2 negatif seperti santet, guna2 dsb.
  • Kelor : menangkal hal2 negatif seperti santet, guna2 dsb.
  • Kenanga : menangkal black magic.
  • Melati : membawa keagungan, kesejahteraan dan keharmonisan.
  • Pohon Tiang : suci.
  • Sawo Kecik : membawa kewibawaan dan kehormatan.
  • Tebu Hitam : menangkal black magic.
Berlangganan Via Email Anda :
Related :

2 comments:

Hmmm..benar-benar sangat inspirasi sekali..terima kasih sudah berbagi tipsnya...tapi gambar sri rejeki apa seperti keladi ya ? punya saya kok beda...mohon koreksinya

Di rumah saya ada pohon sirsak, nangka dan pepaya. Moga saja tidak terjadi apa2 ya ...
Trims buat infonya

Poskan Komentar

Next Prev home
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia Local Blogs Entertainment
Copyright 2012 - @INIUNIK