Senin, 02 Mei 2011

6 Cara Efektif Kurangi Belanja Tidak Penting

6 Cara Efektif Kurangi Belanja Tidak Penting@INIUNIK KIAN mudahnya cara pembayaran sekarang ini turut mendorong tingginya tingkat konsumsi. Kemudahan menggesek kartu kredit atau kartu debit untuk pembelian, membuat orang kurang menyadari besarnya pengeluaran hingga datang tagihan.

Padahal, ada sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk menghindari konsumsi gila-gilaan. Berikut ini adalah di antaranya :

1. Bayar Tunai

Ketika membayar belanjaan menggunakan uang tunai, Anda akan lebih sadar terhadap pengeluaran. Sebaliknya, membayar menggunakan kartu debit atau kredit terlalu mudah sehingga Anda bahkan tidak sadar saat menggesekkannya.

2. Tinggalkan Dompet

Saat keluar rumah, berbagai hal bisa menggoda iman sehingga Anda tergoda untuk mengeluarkan uang. Misalnya, syal cantik di etalase toko, kue-kue lezat di toko roti, atau aroma wangi kopi dari kedai kopi waralaba yang berkali lipat mahalnya.

Bawalah dompet hanya ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Jika tidak, lebih baik menentukan dulu apa yang akan dibeli dan membawa uang secukupnya saja. Orang lebih mudah tergoda berbelanja ketika membawa dompet berisi uang tunai atau uang plastik bersamanya.

3. Buat Prioritas

Sadari apa yang penting dalam hidup Anda, yang mungkin berbeda-beda bagi setiap orang. Tapi, pada intinya semua orang menginginkan kebahagiaan dan menemukan gairah dalam hidupnya.

Tanpa sadar, orang terjebak dalam anggapan bahwa kesuksesan berarti kebahagiaan. Orang yang berlimpah materi dianggap sebagai orang yang sukses, sehingga materi diasosiasikan dengan kebahagiaan.

4. Kenali Urgensi

Setiap kali Anda merasakan dorongan untuk membeli sesuatu, kenali urgensi yang ada di balik keinginan tersebut. Tidak ada salahnya membeli sesuatu, asalkan Anda melakukannya dengan penuh kesadaran dan mengetahui konsekuensinya.

5. Gali Makna Terdalam

Apa alasan Anda melakukan konsumsi? Apa yang Anda coba lakukan? Tidak sedikit orang yang menimbun rumahnya dengan barang-barang dan masih merasa belum puas. Setelah beberapa waktu, mereka membutuhkan rumah yang lebih besar untuk menampung semua barang mereka, karena siklus ini tidak pernah berakhir.

6. Berpikir Strategis

Ketika Anda tergoda untuk membeli mobil, misalnya, sadarilah bahwa bukan hanya harga mobil tersebut yang harus Anda bayar, melainkan juga biaya perawatannya, perbaikan jika terjadi kerusakan, bensin, asuransi, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan mempunyai lebih banyak pertimbangan dan tidak tergesa-gesa melakukan pembelian. (mediaindonesia.com)
Berlangganan Via Email Anda :
Related :

0 comments:

Poskan Komentar

Next Prev home
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia Local Blogs Entertainment
Copyright 2012 - @INIUNIK