Sabtu, 28 Mei 2011

Kenapa Begadang Dilarang dan 10 Ciri-Ciri Orang Yang Sering Begadang

Kenapa Begadang Dilarang dan 10 Ciri-Ciri Orang Yang Sering Begadang@INIUNIK Begadang bisa diartikan tidak tidur ketika malam dimana waktunya orang tidur pada umumnya.

Penyebab orang begadang bisa macam-macam. Karena banyaknya tugas kuliah-kantor yang numpuk dan ingin cepat diselesaikan membuat kita terpaksa untuk tidak tidur alias begadang. Begadang juga bisa dikarenakan karena memang kita sendiri belum mengantuk alias insomnia. Insomnia sendiri disebabkan oleh faktor kesehatan (sakit), faktor psikologis (stress), dan faktor lingkungan yang tidak kondisional untuk tidur.

Secara sederhana menurut lirik lagu Rhoma Irama, dengan begadang maka kita akan rentan terkena angin malam hingga segala macam penyakit akan mudah datang. Penggalan lirik tersebut memang ada benarnya juga kan?

Lagi pula ketika kita begadang nantinya menyebabkan ngantuk dan mudah lelah pada siang harinya. Menurut penelitian WHO ketika kita tidak tidur hingga larut malam, maka dapat memperbesar peluang terserang kanker prostat dan kanker payudara. Entah apa hubungan begadang dengan kanker itu sendiri, begadang yang menyebabkan kanker atau begadang yang memicu perkembangan faktor-faktor berkembangnya penyebab kanker, itu semua masih dalam perdebatan.

Kenapa Lembur Dilarang ?

Dengan begadang maka kita sangat rentan untuk bangun siang, hal ini akan mengganggu proses pembuangan zat-zat yang tidak berguna, dan jangka panjangnya akan menyebabkan kerusakan hati. Inilah kenapa orang yang bekerja terlalu keras dan terus-terusan lembur, rentan terkena penyakit lever.

Idealnya tubuh memang perlu diistirahatkan, diatas jam 9 malam, dalam tubuh terjadi proses de-toxin yaitu proses dimana membuang zat-zat beracun dan zat yang sudah tidak berguna lagi. Ketika tubuh memproses de-toxin ini tentu saja diperlukan kondisi tubuh yang rileks. Selain itu saat tengah malam hingga pukul 4 dini hari juga berlangsung proses produksi sel darah pada bagian sum-sum tulang belakang.

Apabila pada jam yang telah disebut sebelumnya Anda dalam keadaan yang tidak benar-benar rileks, tentu saja akan berdampak negatif bagi tubuh Anda sendiri. Aktivitas yang terlalu padat saat dini hari juga bisa menyebabkan resiko kegemukan, diabetes kerusakan ritme jantung dan peningkatan hormon melatolin yang menyebabkan perkembangan tumor. Durasi tidur yang baik dan ideal adalah 8 jam. Hindari minum kopi saat malam hari karena akan menyebabkan susah tidur.

Konon kabarnya orang sukses senang begadang dan mengurangi jam tidur. Di saat orang lain terlelap, mata mereka masih melotot, bahkan sedang getol-getolnya beraktivitas, baik yang menggunakan otak maupun otot. Benarkah mengurangi tidur malam merupakan salah satu kunci sukses?

Kenapa Begadang Dilarang ?

Para dokter di National Taiwan Hospital baru-baru ini mengejutkan dunia kedokteran karena ditemukannya kasus seorang dokter muda berusia 37 tahun yang selama ini sangat mempercayai hasil pemeriksaan fungsi hati (GOT, GPT), tetapi ternyata saat menjelang Hari Raya Imlek diketahui positif menderita kanker hati sepanjang 10 cm! Selama ini hampir semua orang sangat bergantung pada hasil indeks pemeriksaan fungsi hati (Liver Function Index).

Mereka menganggap bila pemeriksaan menunjukkan hasil index yang normal berarti semua OK.

Kesalahpahaman macam ini ternyata juga dilakukan oleh banyak dokter spesialis. Benar-benar mengejutkan, para dokter yang seharusnya memberikan pengetahuan yang benar pada masyarakat umum, ternyata memiliki pengetahuan yang tidak benar. Pencegahan kanker hati harus dilakukan dengan cara yang benar. Tidak ada jalan lain kecuali mendeteksi dan mengobatinya sedini mungkin, demikian kata dokter Hsu Chin Chuan. Tetapi ironisnya, ternyata dokter yang menangani kanker hati juga bisa memiliki pandangan yang salah, bahkan menyesatkan masyarakat, inilah penyebab terbesar kenapa kanker hati sulit untuk disembuhkan.

Penyebab utama kerusakan hati adalah :
  1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama
  2. Tidak buang air di pagi hari.
  3. Pola makan yang terlalu berlebihan.
  4. Tidak makan pagi.
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.
  6. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan.
  7. Minyak goreng yang tidak sehat! Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil. Jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit.
  8. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/ 5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan.

Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan. Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya

Sebab :
  1. Malam hari pk 9 - 11 : adalah pembuangan zat- zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.
  2. Malam hari pk 11 - dini Hari pk 1 : saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  3. Dini hari pk 1 - 3 : proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur.
  4. Dini hari pk 3 - 5 : de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran.
  5. Pagi pk 5 - 7 : de-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.
  6. Pagi pk 7 - 9 : waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum pk 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya.

Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

10 Ciri-Ciri Orang Yang Suka Begadang

1. Suka bangun kesiangan bahkan sampai sore

Ini dikarenakan kebiasaan tidak tidur semalaman sehingga siang dijadikan malam, malam dijadikan siang.

2. Lebih semangat bekerja saat malam tiba

Ya, di sini orang yang sudah terbiasa begadang akan merasa sangat bergairah melakukan sesuatu di malam hari, entah itu untuk pekerjaan ataupun hal-hal lainnya.

3. Makan saat rasa lapar datang

Rata-rata orang yang hobi begadang terkadang lupa sama yang namanya makan, mereka cenderung asik dengan kegiatannya masing-masing. di saat perut mereka lapar baru mereka makan, jelas ini sangat tidak baik untuk kesehatan.

4. Makan jadi tidak teratur

Idealnya, salah satu cara pola hidup sehat adalah makan teratur tepat waktu. Kebanyakan mereka yang hobi begadang melalaikan aturan ini sehingga sering terkena berbagai penyakit seperti anemia, maag, dll.

5. Saat di depan komputer males ngapa-ngapain kalau nggak penting-penting amat

Kalau yang ini relatif, karena banyak mereka yang hobi begadang karena keasikan di depan komputer seperti main game, browsing, dll.

6. Teman sejati rokok + kopi (tidak semua doyan)

Sepertinya ini sudah menjadi kewajiban dan menjadi kebiasaan bagi mereka yang hobi begadang, karena khususnya kopi bisa mengurangi rasa kantuk sehingga jangan aneh jika melihat orang yang hobi begadang pasti sangat doyan sama yang namanya kopi dan rokok.

7. Banyak ide males ngomong, harus dipancing supaya bisa mengutarakannya

Karena kurangnya intensitas tidur di malam hari sangat menguras tenaga dan pikiran mereka sehingga cenderung 'kurang aktif' dalam kehidupan sehari-hari

8. Tidur saat matahari terbit sama diomelin ortu

Mungkin ini berlaku bagi mereka yang masih tinggal bersama orang tua, kebiasaan begadang dan tidur saat matahari terbit jelas tidak baik untuk kesehatan.

9. Mata terlihat sayu-sayu ngantuk tapi semangat, berpenampilan layaknya orang bingung tapi banyak pengetahuan

Kebiasaan begadang jelas berpangaruh pada fisik seseorang, bukan hanya dari kondisi badan yang cenderung tidak sehat,lemas, juga berpengaruh pada mata yang terlihat sayu-sayu seperti zombie.

10. Tidak peduli besok masuk kerja jam berapa

Ini sesuatu yang sangat berbahaya bagi mereka yang hobi begadang. Mungkin karena intensitas tidur di malam hari yang kurang, sehingga melalaikan apa yang jadi kewajiban di siang hari.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna.

Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah

Sebab itu, tidurlah yang nyenyak dan jangan begadang!!!!

SEMOGA BERMANFAAT!
Berlangganan Via Email Anda :
Related :

0 comments:

Poskan Komentar

Next Prev home
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia Local Blogs Entertainment
Copyright 2012 - @INIUNIK