Kamis, 23 Juni 2011

21 Cara Alamiah Memperlambat Pertumbuhan Uban (Menerima, Berusaha dan Hidup Sehat)

21 Cara Alamiah Memperlambat Pertumbuhan Uban (Menerima, Berusaha dan Hidup Sehat)@INIUNIK Di dunia ini tidak ada yang abadi, semua akan menua, begitupun dengan rambut kita yang semakin hari akan berkurang daya pesonanya yang pada akhirnya rambut kita akan memutih biasa disebut uban. Mungkin ada beberapa orang yang tidak ingin rambutnya memutih alias beruban, tapi harusnya kita bisa menerimanya.

Secara alami, uban memang akan tumbuh seiring bertambahnya usia. Tetapi, jika usia Anda masih kepala tiga dan uban sudah mulai tumbuh uban bisa jadi ada masalah dalam asupan nutrisi.

21 Cara Alamiah Memperlambat Pertumbuhan Uban Menerima Berusaha dan Hidup Sehat - www.iniunik.web.id
Selain itu, kondisi psikologis dan genetik juga berpengaruh pada tumbuhnya uban pada seseorang yang masih berusia muda. Untuk mencegah tumbuhnya uban secara dini, ada lima langkah yang bisa Anda lakukan.

Uban kadang jadi masalah buat rambut, apalagi kalo usia masih muda tapi sudah ubanan. Karna uban bisa di alami siapa aja dan banyak penyebab timbulnya uban dirambut. Bagaimana cara menghilangkan uban atau menghindari tumbuhnya uban dirambut sebelum waktunya ?

Buat kamu yang merasa rambutnya sudah ubanan dan ingin menghilangkannya, berikut 21 tips dan cara berusaha memperlambat pertumbuhan uban secara alami dan mengetahui penyebab adanya uban :

Uban disebabkan oleh banyak hal, seperti :

  1. Faktor Genetik. Biasanya orangtua penderita uban dini membuat anak pun mempunyai peluang yang sama. Coba lihat orangtua anda, apakah mereka mengalami gejala beruban dini pada masa mudanya? Bila iya, besar kemungkinan hal ini juga akan terjadi pada anda. Dalam ilmu genetika hal ini disebut autosomal dominan.
  2. Tubuh yang kekurangan vitamin B dan zat besi juga memicu tumbuhnya uban seperti penderita anemia atau kekurangan sel darah merah
  3. Kurang gizi dapat membuat jumlah enzim pembentuk pigmen berkurang dan uban pun muncul tanpa permisi. Makanan cukup protein sangat diperlukan tubuh untuk membentuk enzim tersebut dan menghambat tumbuhnya uban
  4. Asap rokok dan polusi menambah radikal bebas dalam tubuh
  5. Salah perawatan misalnya proses pewarnaan yang kurang bagus atau kandungan kimia dalam cat rambut yang tak cocok dengan kulit kepala
  6. Efek radiasi pada penderita kanker sangat memicu timbulnya uban
  7. Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minuman alcohol dan begadang juga membuat rambut segera beruban. Merokok, menyebabkan Aliran zat serta gizi lewat darah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut akan terhambat sebab darah yang kurang lancar karena nikotin yang terikat dalam darah.
  8. Stress yang berlebihan bisa mengurangi cadangan vitami B12. Bila vitamin ini terkuras, bisa menyebabkan rambut putih tumbuh lebih cepat. Namun hal ini bersifat sementara, bila tubuh sudah tidak stress, produksi pigmen pun kembali lancar.
  9. Zat Pengawet & Zat Kimia : Makanan yang mengandung zat pengawet, MSG, pewarna, gula sintetis serta beragam kimia lain turut mempengaruhi kesehatan dan keindahan rambut. Juga dengan pemakaian shampo, minyak rambut, cat rambut yang sembarangan akan meresap kedalam pori-pori kulit kepala sehingga mempengaruhi produksi pigmen rambut.
  10. Sakit Keras. Penggunaan obat-obatan kimia untuk menyembuhkan penyakit, membuat asupan nutrisi bagi kesehatan rambut turut berkurang.

Berikut 6 tips alamiah cara menghilangkan uban :
  1. Makan makanan yang bergizi. Kamu dapat memperbaiki nutrisi tubuh dengan memperhatikan asupan makanan, mengkonsumsi cukup zat besi dan vitamin B. Makanlah sayur-sayuran hijau, merah dan kuning sebab sayuran ini banyak mengandung vitamin A yang membuat rambut semakin sehat bernutrisi serta kuat dari ancaman kerapuhan dan pengurangan pigmen.
  2. 21 Cara Alamiah Memperlambat Pertumbuhan Uban Menerima Berusaha dan Hidup Sehat - www.iniunik.web.id
  3. Tambah mineral yang esensial bagi rambut, semisal zinc, zat besi dan cooper yang banya terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian dan sea food. Jangan lupakan protein nabati yang menjaga tekstur rambut tetap halus dan bersinar. Protein nabati ini bisa didapat pada kacang-kacangan semisal almond dan kedelai.
  4. Hindari mewarnai rambut berkali-kali karena membuat pigmen rambut mati. Sesedikit mungkin bersentuhan dengan polusi udara yang menyebabkan radiasi pada kulit. Pakai topi untuk gaya atau gunakan "scraff" kesayangan kamu.
  5. Gunakan ramuan tradisional yang terbuat dari biji pepaya yang disangrai dan ditumbuk halus lalu dicampur dengan minyak kelapa. Oleskan ramuan ini pada seluruh rambut dan kulit kepala. Bungkus rambut dengan handuk, biarkan selama dua jam, kemudian bersihkan. Jika rutin melakukannya seminggu sekali uban pun akan lenyap dan rambut hitam kembali.
  6. Hindari stress berlebihan !! Konon stress dapat memicu bertambahnya uban! Coba kamu relaksasi sejenak dan selalu berfikir positif.
  7. Perbaiki kondisi dan nutrisi tubuh dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Konsumsilah zat besi, kalsium serta vitamin B lengkap untuk menunjang kesuburan dan keindahan rambut.

5 Cara lain yang diperlukan :
    21 Cara Alamiah Memperlambat Pertumbuhan Uban Menerima Berusaha dan Hidup Sehat - www.iniunik.web.id
  1. Konsumsi vitamin B12. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Anda bisa mendapatkan dengan mengonsumsi suplemen atau dari bahan makanan seperti keju, daging sapi atau ikan. Kekurangan vitamin B12 bukan hanya membuat Anda anemia tetapi juga uban jadi tumbuh lebih cepat.
  2. Buttermilk. Selain vitamin B12, Anda juga bisa mengonsumsi buttermilk. Minum setiap pagi secara teratur.
  3. Pijatan di kulit kepala. Lakukan pijat kepala menggunakan minyak kelapa. Anda bisa menghangatkannya dulu lalu aplikasikan di kulit kepala dengan memberikan pijatan lembut. Setelah dipijat diamkan selama 5-10 menit, kemudian bersihkan dengan sampo.
  4. Masker rambut. Bukan hanya creambath dan pijatan di kulit kepala, lakukan juga masker pada rambut secara teratur. Bukan hanya membuat rambut terlihat lebih bersinar tetapi juga nutrisinya langsung menyerap pada akar rambut. Sehingga, rambut jadi lebih sehat, tak mudah rontok dan mencegah tumbuhnya uban.
  5. Kurangi penggunaan zat kimia. Bahan kimia pada produk pewarnaan rambut juga bisa membuat rambut mengalami penuaan dini. bukan terlihat kering dan kusam, uban juga bisa tumbuh lebih cepat. Jadi, jika sebaiknya jangan terlalu sering gonta-ganti warna rambut.

Dengan mengetahui penyebab timbulnya uban dirambut kamu dan mengikuti tips cara alami menghilangkan uban dengan teratur, semoga bisa menghilangkan dan menjauhkan rambut kamu dari uban sebelum waktunya. Semoga bermanfaat.
Berlangganan Via Email Anda :
Related :

0 comments:

Poskan Komentar

Next Prev home
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia Local Blogs Entertainment
Copyright 2012 - @INIUNIK