Selasa, 14 Juni 2011

Inilah Bahaya Bernafas Lewat Mulut

Inilah Bahaya Bernafas Lewat Mulut@INIUNIK Bernapas lewat mulut karena masalah kesehatan tertentu sebaiknya tidak dibiarkan berlarut-larut. Penelitian menemukan bahwa pernapasan lewat mulut bukan hanya menyebabkan mulut kering. Masih banyak efek buruk yang ditimbulkan.

Kalau kita hanya mengetahui pernapasan terjadi lewat hidung, mungkin juga pertukaran oksigen terjadi lewat mulut. Ini biasa terjadi pada anak-anak dengan alergi, trauma saat lahir, down syndrome dan gangguan apnea pada saat tidur.

Dokter gigi dari Mount Holly, New Jersey Dr. Yosh Jefferson mengatakan bernapas lewat mulut adalah salah satu masalah medis yang sering ditemui. Namun, kebanyakan dari mereka menganggap sepele kebiasaan ini.

Dirinya menjelaskan kalau ada beberapa hal yang bisa ditimbulkan akibat kebiasan bernapas lewat mulut, diantaranya kurangnya asupan oksigen ke dalam darah, masalah ukuran tubuh dan berat badan, gangguan tidur dan bahkan minimnya kinerja sekolah.

Selain itu, bernapas lewat mulut juga dapat mengalami kelainan bentuk wajah dan gigi. Tidak jarang pasien harus menggunakan kawat gigi untuk memperbaiki bentuk gigi, menghindari penyempitan sinus dan cacat rahang.

"Komplikasi ini tidak hanya kepada fisik, bernapas lewat mulut juga berdampak buruk pada anak sekolah karena sedikitnya aliran oksigen yang masuk ke dalam darah membuat mereka gelisah saat tidur dan akhirnya mempengaruhi kinerja sekolahnya," paparnya.

Jika dibiarkan terus terjadi, dikhawatirkan anak menjadi mudah marah dan frustasi. Anakpun menjadi rentan hiperaktif.

"Kondisi seperti ini masih dapat diobati, tetapi untuk melakukannya harus didiagnosis dan dirawat sedini mungkin," jelasnya.
Berlangganan Via Email Anda :
Related :

0 comments:

Poskan Komentar

Next Prev home
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia Local Blogs Entertainment
Copyright 2012 - @INIUNIK