Senin, 06 Juni 2011

Perbedaan Sinetron/Film Indonesia, India, China & Jepang

Perbedaan Sinetron/Film Indonesia, India, China & Jepang@INIUNIK Banyak yang bilang melihat sinetron Indonesia itu sudah bisa ditebak alur ceritanya, pasti banyak yang happy ending meskipun di tengahnya ada sedikit drama dan ironi. Ada juga yang bilang kalo ratingnya tinggi pasti akan dibuat chapter selanjutnya sampai episode ke 1.000 sampai 7 chapter baru selesai. Kemudian endingnya pun terkadang kurang menarik dan terkadang kabur tidak jelas. Tetapi hal itu tidak bisa menjadi generalisasi. Masih banyak film berbobot, tetapi kurang disukai penonton. Tetapi herannya kebanyakan penonton lebih menyukai cerita-cerita cengeng, terkesan dibuat-buat dan kejadiannya tidak realisitis inilah yang memiliki rating tertinggi di layar kaca/layar lebar. Bagaimana dengan negara yang lain, berikut kita bandingkan ciri-ciri film/sinetron Indonesia dengan negara India, China dan Jepang yang sering kita lihat di layar kaca, semoga memberi hiburan :

Film/Sinetron India

  1. Seorang pria tidak akan merasa sakit saat melakukan perkelahian sengit namun akan mengaduh sakit saat seorang wanita berusaha membersihkan lukanya.
  2. Tokoh jagoannya tak pernah jatuh cinta pada jagoan wanita kecuali sebelumnya mereka menari-nari di bawah hujan.
  3. Sekali dipakai make-upnya tidak pernah luntur, saat hujan ataupun saat lainnya.
  4. Dua orang kekasih bisa menari-nari ditengah lapang, dan entah dari mana 100 orang lainnya akan muncul dari antah berantah dan bergabung menari bersama mereka. (penari latar Michael Jackson aja kalah banyak)
  5. Pada babak akhir, sang jagoan akan menemukan bahwa tokoh jahat yang dilawannya sebenarnya adalah saudara kandungnya, wanita tua yang mencarinya adalah ibunya, dan kepala Inspektur adalah ayahnya serta sang hakim adalah pamannya dan seterusnya.
  6. Kata-kata Inggris yang biasanya muncul adalah (biasanya diucapkan keras-keras di antara kalimat) ... No Problem ! ... , My God! ... , Get Out! ..., Shut-up! ..., Impossible! ..., Please Forgive Me!
  7. Mereka berguling-guling dan berputar-putar sambil bernyanyi dan muncul lagi dengan pakaian berbeda.
  8. Mereka bisa berlari mengelilingi pohon kelapa, bernyanyi, saling memandang dan memalingkan muka menggoda dan berganti pakaian pada waktu yang sama tanpa menarik nafas.
  9. Jagoan gak boleh liat pohon dan tiang listrik, pasti joget dulu berputar-putar dan tiba-tiba wanitanya muncul, gak heran film India minimal pasti 3 jam ... bisa lebih gak rugi sih.
  10. Air mata sang jagoan dan si wanita gampang mengucur bak keran air, tapi cepat juga kering dan langsung joget.

Film/Serial Kungfu China

  1. Menjadi orangtua sang jagoan selalu bernasib sial dan biasanya selalu dibunuh oleh musuh saat si jagoan masih muda, dan si jagoan akan jadi yatim piatu terus belajar ilmu silat dan balas dendam, dstnya.
  2. Ketika seseorang terluka berat dan sekarat, ia selalu berhasil bertahan hidup dan mengucapkan beberapa kalimat untuk mengungkapkan is pembunuh sebelum kepalanya terkulai dan menyatakan dirinya telah benar-benar mati.
  3. Orang-orang yang mahir kungfu mampu terbang ke atas atap, ke atas pohon dan menempuh jarak jauh tanpa berkeringat. Namun saat berjalan ke kota dan desa-desa mereka tetap harus berjalan kaki atau menunggang kuda.
  4. Sang jagoan tak perlu bekerja untuk mendapatkan uang, namun selalu memiliki uang emas dan perak untuk membayar makanan mereka. (Minta jatah preman kali ya ...)
  5. Sang jagoan dan sang penjahat akan saling bertemu walaupun negara mereka sangat luas dan tak peduli di manapun mereka berada. (padahal belum ada HP)
  6. Menyembuhkan luka dalam di tubuh cukup dengan duduk bersilang kaki, telapak tangan di lutut dan asap keluar dari kepala.
  7. Mereka bisa menyimpan banyak barang di baju lengan panjang mereka dan tak pernah menjatuhkannya. Terutama sedemikian banyak logam-logam emas.dan botol-botol obat penyembuh berbagai racun
  8. Jagoan pasti jago minum arak, apalagi sedang kesel/marah, sekali minum bisa berdrum-drum (5-10 drum) kayak Jacky Chan Pendekar Mabuk.
  9. Sebelum mati, sang guru bisa mentransfer tenaga dalam ke muridnya hanya dengan menempelkan telapak tangan ke pundak si murid begitu gampang dan cepat bahkan mengalahkan kecepatan USB cable, infra red dan bluetooth jaman sekarang
  10. Hebatnya kalo wanita mengenakan kostum pria, dan suaranya suara wanita, namun orang-orang bahkan pendekar pria tidak sadar bahwa itu seorang wanita, harus melalui proses tak sengaja, seperti menyentuh dada si wanita baru pendekarnya sadar...cape deh...!

Film Robot Jepang
(Satria Baja Hitam, Ultraman dll)

  1. Biasanya kalo jagoannya mau berubah wujud, si musuh nunggu dulu sampe si jagoan benar-benar berubah wujud secara sempurna – kayak pesawat mau mendarat aja, sampe sempurna – mungkin si musuh memang gentlemen, gak mau nyerang si jagoan yang tengah lagi berubah wujud.
  2. Kalo anak buah musuh suka nyerang jagoan secara gerombolan alias maen keroyokan, tapi anehnya selalu kalah, padahal jumlah mereka bisa satu kompi ato lebih. Dan lucunya lagi kalo berkelahi, si pengeroyok gak suka nyerang dari belakang jagoan, ya itu tadi biar gentle kali yah!
  3. Biasanya si musuh ternyata sodara kandung si jagoan, dan itu baru ketauan saat akhir episode – telenovela banget yah hehehe
  4. Kalo lagi berantem, si musuh udah ngeluarin semua senjatanya, dan si jagoan tetap selamat, paling-paling jatuh doang tapi bangkit lagi, tapi giliran si jagoan ngeluarin satu (catet : satu) senjata, si musuh langsung terkapar !
  5. Lokasi berantemnya dipilih di tempat yang terbuka kayak di lapangan, di pelabuhan, di padang rumput, padahal saat ketemu musuhnya pertama kali, si jagoan lagi bukan berada di lokasi tersebut !
  6. Kalo jagoannya berkelompok, kayak Gogle V, Voltus, Megaloman, ceweknya mesti hanya satu personel, sisanya cowok semua. Gak pernah denger ada cewek semua, ato ceweknya empat, cowoknya satu, mungkin ntar kasian cowoknya kali ya jadi andalan terus hehehe ... :)
  7. Si musuh suka nyerang penduduk lokal secara tiba-tiba, baru lah si jagoan muncul, kenapa gak jagoan dulu yang muncul baru musuh nyerang?
  8. Bila jagoannya berupa raksasa, tiap berantem dengan musuhnya yang raksasa juga, selalu merusak bangunan-bangunan yang ada, tapi anehnya gak ada yang komplain, penduduknya adem ayem aja..
  9. Biasanya kalo ada anggota keluarga jagoan yang mati karena perbuatan musuh, jagoan akan membalas dendam, gak pake lapor-lapor ke pihak berwajib hehehe
  10. Biasanya kalo jagoannya berkelompok, ada satu anak kecil, umumnya sih adik kandung dari si anggota kelompok jagoan itu.

Film / Sinetron Indonesia

  1. Umumnya kalo yang kaya punya anak cewek tunggal, atau sepasang anak cewek-cowok, jarang ditampilkan punya anak sampe tiga ke atas, apalagi tujuh anak ! (dua anak cukup)
  2. Orang tua yang orang kaya ini umumnya suka jodoh-jodohin anaknya ke orang lain yang berasal dari keluarga kaya juga.
  3. Saat makan malam/pagi, biasanya bersama istrinya, anaknya, menggunakan sendok-garpu, lauknya berlimpah, buah-buahan yang komplit, beserta juice jeruk.
  4. Yang jadi orang jahat, biasanya orang yang matanya suka melotot, dan ketawa yang menyeramkan.
  5. Kalau mau nge-"kiss" pacar atau istri, paling-paling cuman kening doang, mau cium bibir, takut kena protes MUI dan KPAI.
  6. Kalau cewek yang jalan sendirian pasti digoda penjahat bergerombol yang suka ketawa keras.
  7. Polisi yang ditampilkan umumnya berpangkat Ipda (garis satu) sampai kapten (garis tiga), tidak pernah sampai pangkat Jenderal yang dipake Smile
  8. Kendaraan yang dipake si kaya biasanya kalau gak Mercy, BMW, ato Audy
  9. Kalau sinetron silat, si cewek suka pake kemben (bahkan ada yang bolong di tengah, sampai kelihatan pusernya), dan tiap berkelahi pasti pake loncat-loncat setinggi pohon gitu deh dan ada asap-asapnya gitu, padahal tidak ada motor di situ
  10. Kalau sinetron anak sekolahan, umumnya si murid suka berpakaian seenaknya, bajunya suka ga dimasukin, ada yang gondrong, ada yang pake rok di atas lutut, pake lipstik, semakin dia tokoh utama, semakin tidak tertib pakaian sekolahnya.
  11. Yang jadi Ibu Guru, umumnya memakai kacamata, agak gemuk, dan suka galak (jadi inget zaman sekolah dulu ...)
  12. Pasti ada adegan di diskotik, entah itu sinetron remaja, entah itu sinetron horor, sampe sinetron religi.
  13. Kadang dalam cerita asmara, suka di selipin adegan hantu.
  14. Kalau adegan tabrakan, umumnya mobil yang melaju tiba-tiba berhenti mendadak (biasanya nabrak pohon), tau-tau si korban sudah terkapar dengan kepala berdarah (kalau tidak terlentang di kursi ya ... kepalanya tiduran di setir ... klakson berbunyi nyaring), tapi kita gak liat tabrakannya gimana. Entah kenapa semua sinetron punya adegan ketabrak, seakan-akan menggambarkan kenyataan orang Indonesia yang banyak nembak SIM nya ... bisa juga ditambahi ... mobilnya terperosok jurang ... hmm ... biasanya juga mau ngirit ... mobil yang kecemplung itu mobil rongsokan
  15. Motor yang suka dipakai biasanya Motor Gedhe (MOGE) kayak Harley kalau tidak motor sport, dan kadang-kadang ada yang gak pakai helm standar, mana nih Pak Polantasnya?
  16. Pembantu umumnya suka gantungin handuk kecil di bahu, dan duduk di lantai tiap ngobrol ama majikan yang duduk di sofa.
  17. Kalo ada adegan lagi telponan, pasti penontonnya mendengar suara si penelpon
  18. Yang jadi dokter, umumnya cowok yang masih muda, berpakaian putih, dan berkacamata.
  19. Makin sering ada adegan menampar, entah itu Orangtua menampar anaknya, cowok menampar pacarnya, cewek menampar cowoknya, majikan menampar pembantunya, dll
  20. Ustadnya biasanya orang tua yang bisa berkelahi kalo menghadapi setan atau orang jahat.
  21. Di salah satu channel swasta Indonesia, punya sinetron dimana suaranya di dubing, sinetronya semi dangdut india, terus tokoh utama cowonya selalu bisa bela diri, dengan sound effect seperti di game Fighting.
  22. Biasanya, dibubuhi adegan mesum juga.
Kalau adegan inilah yang membuat ... analogi ... film / sinetron kita ... kurang dihargai
Berlangganan Via Email Anda :
Related :

0 comments:

Poskan Komentar

Next Prev home
PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia Local Blogs Entertainment
Copyright 2012 - @INIUNIK